Agroteknologi


Sebenarnya tidak ada alasan khusus yang mendasari saya untuk masuk dijurusan Agroteknologi ini. Namun, saya memiliki tujuan mau kemana saya kedepannya dan dibidang apa yang harus saya tekuni untuk mewujudkan mimpi saya, yaitu saya ingin membenahi produktivitas pangan di Indonesia melalui sektor pertanian. Yang saya maksud disini bukan teknologi pangannya, namun bagaimana cara menghasilkan bahan pangan yang baik dan bermutu, dan program studi yang cocok untuk impian saya adalah Agroteknologi.

Kenapa Agroteknologi UMM? Selain Akreditasi A yang unggul faktor utama kenapa saya memilih Agroteknologi UMM adalah, karena di Agroteknologi UMM kita diajarkan pertanian modern, seperti aplikasi bioteknologi, pertanian organic, perbenihan, budidaya tanaman hortikultura, tanaman industri, tanaman pangan, arsitektur pertamanan dan kewirausahaan. Sarana Laboratorium Agroteknologi UMM juga dibilang sangat lengkap, seperti adanya laboratorium bioteknologi, kultur in vitro, mikrobiologi, tanah, klimatologi, teknologi benih, rumah produksi jamur, agro nursery, agro orchid nursery, green house, unit hidroponik, plaza pertanian, kebun apel dan lahan percobaan (6,3 Ha). Serta ada juga sarana produksi jamur, agro orchid nursery, kebun organik untuk tanaman apel, sayur-sayuran dan padi. Sarana-sarana tersebut dikembangkan dalam skala industri yang dapat dijadikan tempat kerja paruh waktu bagi mahasiswanya sendiri,  sehingga para mahasiswa akan mempunyai bekal dan mental dalam berwirausaha kedepannya.

Menurut saya pertanian itu memang sangat penting, jika tidak ada petani mau dikemanakan kehidupan masyarakat didunia? Konsep pertanian perlu ditekankan dan pemikiran kritis dalam pertanian harus diterapkan, saya sebagai mahasiswa pertanian di jurusan Agroteknologi harus bisa mewujudkan itu, karna saya adalah seorang mahasiswa petani, seseorang yang berpendidikan tinggi yang seharusnya mengerti lebih dalam untuk membantu perekonomian pangan di Indonesia. Saat ini saya merasa malu, karna saya belum bisa mewujudkan secara nyata, mungkin memang ini masih awal, dan suatu saat saya yakin bahwa saya bisa memperbaiki pangan di Indonesia, karna kuncinya ada di sektor pertanian yang harus benar-benar saya kuasai.


Harapan saya kedepannya, semoga kita generasi muda sebagai penerus bangsa bisa membawa perubahan luar biasa sektor pertanian Indonesia dengan mewujudkan kedaulatan pangan. I love Agroteknologi, I love Pertanian, I love UMM, and I love Indonesia, Jaya. Saya Bangga Menjadi Mahasiswa Pertanian, dan Saya Bangga Menjadi Mahasiswa UMM.




Komentar

Postingan Populer